Minggu, 23 November 2014

Resume Kelompok 4

KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

 Secara definisi komunikasi adalah suatu proses menciptakan, menyampaikan, dan menggunakan informasi yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih. Komunikasi merupakan salah satu elemen penting dalam organisasi karena komunikasi bisa jadi penentu apakah organisasi tersebut berjalan dengan lancer dan memiliki situasi harmonis di dalam lingkup internal organisasi tersebut. Dalam komunikasi terdapat penggolongan sebanyak dua jenis, yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non verbal.
Pada umumnya komunikasi yang dilakukan dalam organisasi bersifat verbal, namun tidak jarang komunikasi non verbal juga dapat dilakukan. Berikut adalah uraian lebih lanjut mengenai dua jenis komunikasi tersebut.
                 ·         Komunikasi Verbal
Adalah komunikasi berupa lisan ataupun tulisan yang langsung dapat dimengerti oleh pihak penyampai informasi kepada pihak yang menerima informasi.

Contoh :
Diskusi mengenai program kerja dalam organisasi.

                 ·         Komunikasi Non Verbal
Adalah komunikasi yang dibangun oleh pihak penyampai dan penerima informasi selain lisan maupun tulisan. Komunikasi tersebut juga dapat dimengerti kedua belah pihak, akan tetapi terkadang jenis komunikasi ini tidak dapat menyelesaikan masalah secara langsung.

Contoh :
Menjawab sebuah pertanyaan sederhana dengan cara menggelengkan ataupun menganggukkan kepala.

       Komunikasi menjadi salah satu elemen penting ataupun kunci utama dalam keberhasilan program kerja yang disusun oleh suatu organisasi. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa komunikasi akan selalu berjalan lancer karena cepat atau lambat suatu organisasi akan mengalami suatu masalah/hambatan. Namun hambatan yang dihadapi harus diselesaikan kembali menggunakan komunikasi yang baik antara pihak yang bertikai serta atasan yang memiliki kewenangan dalam organisasi tersebut.


Pertanyaan      :
1.      Bagaimana cara membuat komunikasi menjadi lancer antara anggota yang aktif dengan anggota yang aktif? (Novita Dwi Rahma)
Cara efektif yang harus dilakukan adalah anggota yang aktif harus merangkul anggota yang pasif dalam musyawarah untuk menjalankan program kerja tertentu
·         Tanggapan
Cara tersebut bisa dijadikan salah satu solusi, akan tetapi jika dalam kondisi tersebut  lebih memerlukan peran seorang pemimpin dalam organisasi. Pemimpin tersebut harus menangani anggota yang pasif dan memberikan pendampingan agar mereka menjadi aktif dalam organisasi

2.   Sebutkan jenis jaringan komunikasi yang paling efisien! (Mukhlis Abdul Rozak) dan sebutkan jenis jaringan komunikasi yang ekonomis! (Ahyar Afal)
Jaringan total karena jaringan tersebut memungkinkan komunikasi antar anggota lebih bebas tanpa melihat status dan jabatan dalam organisasi tersebut.
·         Tanggapan
Jaringan total justru terkesan menjadi sangat rumit karena antar saling anggota dapat berkomunikasi secara langsung. Seharusnya komunikasi dalam organisasi harus berjalan ekonomis dan efisien, komunikasi dapat berjalan melalui wakil – wakil dari setiap departemen. Contohnya jika mahasiswa memiliki masalah mengenai akaademik dapat melalui divisi kemahasiswaaan, tidak langsung menghubungi petinggi universitas seperti rektor.

3.      Sebutkan cara untuk memecahkan masalah dalam organisasi! (Irvan Aji)
Mengatasi dengan cara mengirim umpan balik, mengetahui latar belakang penerima informasi, dan menyusun informasi secara rinci.
·         Tanggapan
Jawaban tersebut sama sekali tidak dapat disalahkan, akan tetapi jika terdapat masalah dalam organisasi kita harus mengawali dengan menganalisis masalah tersebut sehingga dapat mengetahui apa masalahnya dan siapa pihak – pihak yang bertikai dalam masalah tersebut.

4.  Jelaskan upaya agar organisasi menjadi tetap eksis dan mampu menjalankan fungsinya secara optimal? (Yora Fithria Nova)
Salah satu caranya adalah menjalin komunikasi antara atasan – bawahan dengan baik dengan cara tersebut organisasi akan terus eksis.
·         Tanggapan
Untuk menjaga eksistensi suatu organisasi tidak hanya dengan cara menjalin komunikasi yang baik antar anggota, namun masih terdapat beberapa cara lain. Salah satunya sosialisasi tentang tujuan organisasi yang kita buat kepada masyarakat luas.

5.    Sebutkan contoh kasus suatu masalah/hambatan dalam sebuah organisasi! (Rizki Amalia)
Contohnya adalah karyawan dari sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi yaitu IB* (salah satu merk dagang) yang meminta atasannya untuk perusahaan melakukan aktivitas jual beli dan produksi barang kembali.
·         Tanggapan
Saya kurang mendapatkan sumber yang akurat mengenai masalah tersebut, akan tetapi kita dapat mengambil contoh di dalam negeri beberapa waktu yang lalu. Contohnya adalah pertikaian antara Koalisi Indonesia Hebat dan Koalisi Merah Putih di parlemen yang berujung dengan adanya DPR tandingan

6.   Sebutkan faktor utama yang menjadi hambatan komunikasi dalam suatu organisasi! (Aji Ariswanto)
Faktor yang menjadi penyebab suatu masalah dalam organisasi adalah faktor manusiawi dan faktor emosional
·         Tanggapan
Kedua faktor tersebut memang sering kali menjadi pemicu adanya masalah dalam organisasi. Akan tetapi jika lebih diperinci dan diringkasi dari dua faktor tersebut adalah masalah pengendalian diri dalam situasi emosional tingkat tinggi.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar