KOMUNIKASI
DALAM ORGANISASI
Secara
definisi komunikasi adalah suatu proses menciptakan, menyampaikan, dan
menggunakan informasi yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih. Komunikasi
merupakan salah satu elemen penting dalam organisasi karena komunikasi bisa
jadi penentu apakah organisasi tersebut berjalan dengan lancer dan memiliki
situasi harmonis di dalam lingkup internal organisasi tersebut. Dalam komunikasi
terdapat penggolongan sebanyak dua jenis, yaitu komunikasi verbal dan komunikasi
non verbal.
Pada
umumnya komunikasi yang dilakukan dalam organisasi bersifat verbal, namun tidak
jarang komunikasi non verbal juga dapat dilakukan. Berikut adalah uraian lebih
lanjut mengenai dua jenis komunikasi tersebut.
·
Komunikasi Verbal
Adalah komunikasi berupa lisan ataupun
tulisan yang langsung dapat dimengerti oleh pihak penyampai informasi kepada
pihak yang menerima informasi.
Contoh :
Diskusi mengenai program kerja dalam
organisasi.
·
Komunikasi Non Verbal
Adalah komunikasi yang dibangun oleh
pihak penyampai dan penerima informasi selain lisan maupun tulisan. Komunikasi
tersebut juga dapat dimengerti kedua belah pihak, akan tetapi terkadang jenis
komunikasi ini tidak dapat menyelesaikan masalah secara langsung.
Contoh :
Menjawab sebuah pertanyaan sederhana
dengan cara menggelengkan ataupun menganggukkan kepala.
Komunikasi menjadi salah satu elemen penting ataupun
kunci utama dalam keberhasilan program kerja yang disusun oleh suatu
organisasi. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa komunikasi akan selalu
berjalan lancer karena cepat atau lambat suatu organisasi akan mengalami suatu
masalah/hambatan. Namun hambatan yang dihadapi harus diselesaikan kembali
menggunakan komunikasi yang baik antara pihak yang bertikai serta atasan yang
memiliki kewenangan dalam organisasi tersebut.
Pertanyaan :
1. Bagaimana
cara membuat komunikasi menjadi lancer antara anggota yang aktif dengan anggota
yang aktif? (Novita Dwi Rahma)
Cara efektif yang harus dilakukan adalah
anggota yang aktif harus merangkul anggota yang pasif dalam musyawarah untuk
menjalankan program kerja tertentu
·
Tanggapan
Cara tersebut bisa dijadikan salah satu
solusi, akan tetapi jika dalam kondisi tersebut
lebih memerlukan peran seorang pemimpin dalam organisasi. Pemimpin
tersebut harus menangani anggota yang pasif dan memberikan pendampingan agar
mereka menjadi aktif dalam organisasi
2. Sebutkan
jenis jaringan komunikasi yang paling efisien! (Mukhlis Abdul Rozak) dan
sebutkan jenis jaringan komunikasi yang ekonomis! (Ahyar Afal)
Jaringan total karena jaringan tersebut
memungkinkan komunikasi antar anggota lebih bebas tanpa melihat status dan
jabatan dalam organisasi tersebut.
·
Tanggapan
Jaringan total justru terkesan menjadi
sangat rumit karena antar saling anggota dapat berkomunikasi secara langsung.
Seharusnya komunikasi dalam organisasi harus berjalan ekonomis dan efisien,
komunikasi dapat berjalan melalui wakil – wakil dari setiap departemen.
Contohnya jika mahasiswa memiliki masalah mengenai akaademik dapat melalui
divisi kemahasiswaaan, tidak langsung menghubungi petinggi universitas seperti rektor.
3. Sebutkan
cara untuk memecahkan masalah dalam organisasi! (Irvan Aji)
Mengatasi dengan cara mengirim umpan
balik, mengetahui latar belakang penerima informasi, dan menyusun informasi
secara rinci.
·
Tanggapan
Jawaban tersebut sama sekali tidak dapat
disalahkan, akan tetapi jika terdapat masalah dalam organisasi kita harus
mengawali dengan menganalisis masalah tersebut sehingga dapat mengetahui apa
masalahnya dan siapa pihak – pihak yang bertikai dalam masalah tersebut.
4. Jelaskan
upaya agar organisasi menjadi tetap eksis dan mampu menjalankan fungsinya
secara optimal? (Yora Fithria Nova)
Salah satu caranya adalah menjalin
komunikasi antara atasan – bawahan dengan baik dengan cara tersebut organisasi
akan terus eksis.
·
Tanggapan
Untuk menjaga eksistensi suatu
organisasi tidak hanya dengan cara menjalin komunikasi yang baik antar anggota,
namun masih terdapat beberapa cara lain. Salah satunya sosialisasi tentang
tujuan organisasi yang kita buat kepada masyarakat luas.
5. Sebutkan
contoh kasus suatu masalah/hambatan dalam sebuah organisasi! (Rizki Amalia)
Contohnya adalah karyawan dari sebuah
perusahaan yang bergerak di bidang teknologi yaitu IB* (salah satu merk dagang)
yang meminta atasannya untuk perusahaan melakukan aktivitas jual beli dan
produksi barang kembali.
·
Tanggapan
Saya kurang mendapatkan sumber yang
akurat mengenai masalah tersebut, akan tetapi kita dapat mengambil contoh di
dalam negeri beberapa waktu yang lalu. Contohnya adalah pertikaian antara
Koalisi Indonesia Hebat dan Koalisi Merah Putih di parlemen yang berujung
dengan adanya DPR tandingan
6. Sebutkan
faktor utama yang menjadi hambatan komunikasi dalam suatu organisasi! (Aji
Ariswanto)
Faktor yang menjadi penyebab suatu
masalah dalam organisasi adalah faktor manusiawi dan faktor emosional
·
Tanggapan
Kedua faktor tersebut memang sering kali menjadi
pemicu adanya masalah dalam organisasi. Akan tetapi jika lebih diperinci dan
diringkasi dari dua faktor tersebut adalah masalah pengendalian diri dalam
situasi emosional tingkat tinggi.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar